Fish

Selasa, 06 September 2011

PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN


Ciri-ciri makhluk hidup salah satunya adalah berkembangbiak. Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang dapat berkembangbiak. Perkembangbiakan pada tumbuhan ini dapat dilakuan berbagai cara, bisa menggunakan campur tangan manusia namun tumbuhan itu dapat berkembangbiak tanpa bantuan dari manusia atau makhluk lainya artinya perkembangbian itu bisa dikatakan secara alami.Tujuan perkembangbiakan yaitu menghindari kepunahan pada spesies atau rasnya. Oleh sebab itu tumbuhan atau makhluk hidup lain berkembangbiak. Secara garis besar perkembangbiakn pada tumbuhan dibedakan menjadi dua yaitu perkembangbiakan secara generatif dan perkembangbiakan secara vegetatif. 











   1.      Perkembangbiakn secara generatif
Generatif adalah bahwa tanaman tersebut berkembang biak secara kawin, yaitu bertemunya sel jantan yang terdapat pada benang sari dan sel betina yang terdapat pada putik. Contoh bunga sepatu



 macam-macam penyerbukan
penyerbukan
  1. Penyerbukan sendiri yaitu  serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri.
  2. Penyerbukan tetangga yaitu serbuk dari jatuh ke kepala putik bunga lain tetapi masih dalam satu pohon.
  3. Penyerbukan silang yaitu  serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga dari pohon lain tetapi masih satu jenis tumbuhan.
  4. Penyerbukan bastar yaitu  serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga dari pohon lain    yang sejenis tetapi berbeda varietas.
        
.      Serbuk sari dapat jatuh ke kepala putik melalui beberapa perantara, yaitu :
     a. Penyerbukan oleh hewan (biasanya serangga)
    b. Penyerbukan oleh angin
    c. Penyerbukan oleh air     
bagian-bagian bunga
  d. Penyerbukan oleh manusia



2.      Perkembangbiakn secara vegetatif
Vegetatif adalah perkembangbiakan yang tidak melalui perkawinan. Vegetatif terdapat dua perkembangbiakan yatiu secaara alami dan secara buatan.
a.       Vegetatif alami
perkembangbiakan tumbuhan oleh tumbuhan itu sendiri secara alami atau dibantu oleh alam. Beberapa tanaman yang berkembangbiak secara alami yaitu:
umbi lapis, bawang bombay
·         Umbi lapis
Umbi lapis adalah tumbuhnya tunas pada sela-sela lapisan umbi. Contohnya seperti bawang merah,bawang bombay dll.





umbi batang,kentang
·         Umbi batang
Umbi batang adalah batang yang beralih fungsi sebagai tempat penimbunan makanan dengan calon tunas-tunas kecil yang berada di sekitarnya yang dapat tumbuh menjadi tanaman baru. Contoh seperti jagung dan ketela rambak,kentang dll.


.Umbi akar
Umbi akar adalah akar yang tumbuh membesar dan beberapa tempat pada umbi tersebut terdapat calon tunas yang dapat tumbuh menjadi individu baru. Contoh: ubi.
ubi rambat

. Rimpang atau akar tinggal
Akar tinggal disebut juga rhizoma, yaitu batang yang tumbuh mendatar di dalam tanah. Contoh: kunyit, jahe, kencur, dan temu lawak.
  


geragih
·         Geragih
Geragih adalah batang yang menjalar secara terus-menerus di mana pada ruas batang dapat muncul tunas-tunas baru. Misalnya seperti tanaman rumput teki, arbei, kangkung, dan lain sebagainya.
 

kealadi tikus
·         Akar tunggal
Akar tunggal adalah tunas yang muncul pada batang tumbuhan yang tumbuh secara mendatar di tanah. Contohnya seperti keladi, alang-alanga.



spora, jamur
·         Spora
Spora adalah cara tumbuhan paku, lumut dan jamur berkembang biak dengan membentuk spora tempat tunas baru akan muncul.





tunas bambu
·         Tunas
Tunas adalah tumbuhan anakan yang muncul di samping tumbuhan induknya. Contohnya yakni seperti pohon pisang, bambu, tebu, dan lain sebagainya.



tunas adventiv
·         Tunas adventif
Tunas adventif adalah tunas yang tumbuh pada bagian-bagian tertentu seperti pada akar, daun, dsb. Contoh tanaman bertunas adventif adalah seperti pohon cemara, kesemek, sukun.

 
ganggang
·         Hormegenium
Hormegenium adalah perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan ganggang berbentuk benang dengan cara memutus benang yang ada. Pada benang yang terputus nantinya kana tumbuh individu baru.

pembelahan biner ganggang
·         Pembelahan sel
Pembelahan sel adalah perkembangbiakan pada tumbuhan bersel satu.
                   Perkembangbiakan dengan membelah diri adalah satu sel induk membelah menjadi dua atau    lebih sel anak. Setiap sel anak tumbuh menjadi individu baru. Sel anak sama dengan sel induk. Contohnya adalah pembelahan biner pada ganggang biru.

     

b.      Vegetatif  buatan
Perkembangbiakan secara buatan adalah perkembangbiakan tanaman yang mendapat campur tangan manusia.
cangkok
·         Mencangkok
Mencangkok adalah suatu cara mengembangbiakkan tumbuhan dengan jalan menguliti batang yang ada lalu bungkus dengan tanah agar akarnya tumbuh. Jika akar sudah muncul akar yang kokoh, maka batang tersebut sudah bisa dipotong dan ditanam di tempat lain.
Cara mencangkok yakni:
cara perkembangan vegetatif dengan membuang sebagian kulit beserta kambium pada cabang batang. Selanjutnya bagian tersebut ditutup dengan tanah yang kemudian dibungkus dengan sabut kelapa atau plastik. Dari bagian itu yang dikupas tersebut akan tumbuh akar. Setelah tumbuh akar, cabang batang tersebut dapat dipotong dan ditanam di tanah. Contoh tanaman yang mudah di cangkok yakni mangga,jeruk,nangka,belimbing,jambu air.
Adapun menyangkok ini mempunyai keuntungan dan kerugian. Diantaranya adalah
hasil cangkok
§  Keuntungan dalam menyangkok
.  Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan
tumbuhan yang ditanam dari biji
.
.  Tumbuhan yang dicangkok memiliki sifat yang sama dengan
induknya.
.  Tingkat keberhasilannya lebih tinggi, karena pada proses
mencangkok akar akan tumbuh ketika masih berada di pohon induk.
.  Produksi dan kualitas buahnya akan persis sama dengan tanamaninduknya.
.  Tanaman asal cangkok bisa ditanam pada tanah yang letak air
tanahnya tinggi atau di pematang kolam ikan.
Itulah beberapa keuntungan dari mencangkok
.
§  Kerugian dalam menyangkok
.  Pada musim kemarau panjang tanaman tidak tahan kering.
Tanaman mudah roboh bila ada angin kencang karena tidak berakar
tunggang.
.  Pohon induk tajuknya menjadi rusak karena banyak cabang yang dipotong.
.  Dalam satu pohon induk kita hanya bisa mencangkok beberapa
batang saja, sehingga perbanyakan tanaman dalam jumlah besartidak bisa dilakukan dengan cara ini.
stek mawar
·          Stek
Stek adalah perkembangbiakan dengan menggunakan batan atau cabang. Batang atau cabang yang dipergunakan yaitu pada daerah buku. Reproduksi dengan cara menyetek (stek) merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Sahabat pustaka hanya perlu memotong batang tanaman dan menanamnya
cara stek
 ke tanah. Stek juga dapat diartikan yakni perkembangbiak tumbuhan dengan jalan menanam batang tanaman agar tumbuh menjadi tanaman baru. Contoh sepertisingkong mawar dll..





rundukan alamandas
·         Rundukan
cara perkembangbiakan dengan cara membengkokkan cabang dan dibenamkan ke dalam tanah dengan melukai bagian cabang yang akan dibenamkan untuk mempercepeat tumbuhnya akar. Perkembangbiakan seperti ini adalah perkembangbiakan dari tanaman melati, jambu monyet dan ketimun.

okulasi
·         Okulasi
cara perkembangbiakan dengan menempelkan mata tunas diambil dari tanaman induk yang unggul dan ditempel ke tumbuhan yang berakar kuat. Sayangnya okulasi membutuhkan waktu lama untuk berhasil, kira-kira 12-24 bulan.



sambung pucuk
 ·         Sambung pucuk
cara yang menempelkan batang induk untuk disambung dengan batang bawah yang ditanam dari biji.

tumbuhan penyusun
·         Penyusun
cara menyambung 2 buah batang yang sama besar yang telah disayat miring dan diikat sampai kira-kira 3 minggu setelah itu ikatannya bisa dilepas.



hasil kultur jaringan
·         Kulturjaringan
Suatu metode untuk mengisolasi bagian dari tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik, sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri tumbuh menjadi tanaman lengkap kembali.



·         Mengenten /Menyambung
hasil tanaman sambungan
Menyambung atau mengenten adalah menyambungkan dua jenis tumbuhan yang berbeda. Tanaman dipotong dan disambung dengan potongan cabang atau ranting yang diameternya sesuai dan memiliki kualitas yang diinginkan. Selanjutnya tanaman tersebut diikat dengan kuat.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar